Sabtu, 13 Desember 2014

Honda Pasarkan Mobil Hibrida Ke-12

HONDA memulai bulan terakhir 2014 dengan memperkenalkan mobil hibrida terbarunya, All-New Grace, di `Negeri Sakura'.All-New Grace menjadi mobil hibrida ke-12 yang menjadi buah karya Honda.

Sebelumnya, Honda telah menelurkan Insight, Civic Hybrid, CR-Z, Fit (Jazz) Hybrid, Freed Hybrid, Freed Spike Hybrid, Fit Shuttle Hybrid, All-New Accord Plug-in Hybrid, Vezel Hybrid, sampai All-New Legend.

Si bungsu All-New Grace diciptakan untuk menjadi sebuah sedan kompak yang akan bertarung memperebutkan hati konsumen di kelas upper middle.Melalui keterangan pers yang diterima Media Indonesia pada Selasa (2/12), Honda mengklaim Grace sebagai sedan ringkas yang memiliki kabin lapang, bergaya, berkualitas tinggi, mempunyai visibilitas yang baik, berkualitas, serta lincah dikendarai.

Melalui jarak wheelbase panjang, Grace diklaim Honda memiliki kelegaan ruang kabin baris kedua yang setara dengan sedan mewah Accord. Tak hanya itu, kapasitas bagasi yang mencapai 430 liter menjadikan All-New Grace sebagai pemilik bagasi terbesar di kelasnya.

Mobil itu tampil menggunakan solid wing face sebagai ciri khas Honda pada desain bagian depan mobil. Bagian itu kemudian dipercantik lagi dengan platinum front grille dan empat buah lampu LED. Sementara itu, di bagian belakang ditempatkan license plate garnish dan trunk lid untuk menambah kesan elegan maupun sporty. Honda memercayakan dapur pacu AllNew Grace kepada mesin Sport Hybrid i-DCD (intelligent dual clutch drive) 1,5 liter Atkinson Cycle DOHC i-VTEC. Itu dipadukan dengan transmisi 7 percepatan DCT dengan high-output motor dan IPU (intelligent power unit) menggunakan baterai lithium-ion.

Salah satu aspek yang disorot Honda dari All-New Grace ialah statusnya sebagai sedan kecil pertama dengan teknologi hibrida yang menawarkan versi penggerak empat roda (4WD) untuk mendampingi varian penggerak dua roda (2WD) yang ada (tipe LX dan EX).

Beberapa fitur menarik juga dibenamkan di dalam kabin All-New Grace, seperti rotating front passenger seat yang memungkinkan rotasi tempat duduk di samping pengemudi agar penumpang depan dan belakang bisa berganti posisi tanpa perlu keluar-masuk kendaraan.

Terdapat pula fitur air conditioning outlet untuk penumpang bagian belakang yang bisa dilihat pada bagian belakang dari konsol tengah, 3 buah soket yang dapat digunakan untuk mengisi baterai ponsel p i n tar, 4 speak er, dan 4 tweeter.

Fitur keamanannya pun segambreng. Bodinya dibuat dengan teknologi khas Honda G-CON + ACETM serta fitur pedestrian injury mitigation body structure. All-New Grace juga dipersenjatai VSA (vehicle stability assist), HSA (hill-start assist), ESS (emergency stop signal), sampai enam kantong udara yang tersebar di bagian depan dan samping.(Xan/S-2) Media Indonesia, 04/12/2014, halaman 23